Idenya di Luar Nalar, Garasi Tebang di Gang Sempit Tanpa Mengganggu Warga

Idenya di Luar Nalar, Garasi Tebang di Gang Sempit Tanpa Mengganggu Warga


                         Banyaknya pemilik mobil yang tak punya garasi masih menjadi masalah serius warga di perkotaan besar seperti Jakarta. Dengan areal maupun akses jalan ke rumah yang sempit, kebanyakan mereka akan memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan hingga mengganggu kenyamanan warga. Masalah yang sama ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah warga di Asia Tenggara menghadapi persoalan hampir mirip. Bedanya, beberapa warga punya inisiatif unik dalam mengatasi isu garasi tersebut.


Dalam video yang diunggah ulang akun TikTok @dekorasi_rumah_idaman, terlihat sebuah mobil jenis hatchback berwarna hitam punya solusi dengan  masalah lahan atau areal parkir sempit. Di lihat dari pelat nomornya berhuruf depan NDV, diduga mobil itu ada di Filipina.  


Cara pemilik mobil ini mengatasi masalah terbilang di luar nalar. Bagaimana tidak, kendaraan roda empat itu diparkir dengan posisi seolah-olah melayang. 


Garasi dari pemilik kendaraan ini berada di sebuah gang sempit yang membatasi dua rumah. Dari ukurannya, lebar jalan ini cuma bisa dilalui satu mobil.


Namun di kepala pemilik kendaraan, gang sempit ini bukan masalah serius untuk membuat garasi. Dia mengakali dengan membangun carport melayang.

Dinding dari dua rumah dimanfaatkan untuk membuat tepian dari beton yang cukup kuat menopang kendaraan. Jalanan itu dibuat menanjak agar mobil bisa naik. Tentunya keahlian mengemudi pemilik mobil sangat dibutuhkan untuk menyimpan kendaraan di garasi terbang ini.

Uniknya, garasi itu tak mengganggu kenyamanan orang yang melintas di bawahnya. Bagian tengah dari tepian jalan didesain kosong sehingga bisa digunakan warga yang lalu lalang. 

“ Jalan ke rumah pas mobil bikin carport unik agar bawah bisa dilewati,” demikian dikutip dari keterangan unggahan.


Garasi tak biasa ini memiliki undakan agar mempermudah mobil berjalan. seperti yang bisa kita lihat jika mengunjungi tempat penucian mobil. Ketika memarkirkan, mobil akan berjalan mundur tepat di atas gang.


Garasi itu terlihat efektif dengan ketinggian yang bisa dilewati orang-orang. Dilihat dari videonya, di belakang garasi ini juga bertengger sebuah rumah yang terdapat pintu gerbang.


Tak sedikit warganet yang mengapresiasi ide kreatif tersebut. Namun adapula yang menanyakan bagaimana cara keluar dari mobil, mengingat posisi mobil sangat pas dengan luas jalan.


“ tapi ini jauh lebih terhormat daripada yg parkir pinggir jalan yg ga punya carport tapi beli mobil,” tulis akun @herudwindblow.




 YG PENTING GA PARKIR DI PINGGIR JALAN!!!!!” tulis akun @Fikri Naufal


“ trs kluar dari mobil nya gmna, serius nanya???” tulis akun @shandee26.


“ walaupun terkesan sulit, tp ini luar biasa karena tggjwb ga parkir di jalan,,, luar biasa👍👍,” tulis akun @Bakmie_Asap_Pemalang.


“ ide nya kerennn,” tulis akun @ Rumahku-Apik.


 





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama